Penyakit Legionnaires

Penyakit Legionnaires itu apa?
Penyakit Legionnaires adalah suatu peradangan paru-paru (pneumonia) yang disebabkan oleh kuman dari rumpun Legionella.

Kebanyakan kejadian Legionnaires yang dilaporkan di NSW disebabkan oleh Legionella pneumophila. Di NSW tiap tahun ada sekitar 70 kejadian Legionnaires yang dilaporkan.

Legionella pneumophila biasanya ditemukan di dalam sumber air, sedangkan kuman lain serumpun yaitu Legionella longbeachae umumnya ditemukan di dalam tanah dan ramuan tanah pot.

Apa saja gejalanya?
Penyakit Legionnaires biasanya menyebabkan demam, gerah dan batuk yang bisa kering atau berdahak. Ada penderita yang mendapat nyeri otot, sakit kepala, capai, kurang nafsu makan dan menceret. Orang bisa menjadi amat sakit karena radang paru-paru - kebanyakan bisa sembuh tapi ada kalanya merenggut nyawa.

Bagaimana bisa mendapat penyakit ini?
Penyakit Legionnaires bisa didapatkan setelah orang menghirup kabut larutan yang berasal dari sumber air dan dicemari Legionella pneumophila umpamanya menara pendinginan AC, spa air pusar, air pancur atau kadang-kadang dari tanah, bahkan ramuan tanah pot yang dicemari kuman Legionella longbaechae. Orang bisa terkena di rumah, tempat kerja maupun tempat umum.

Penyakit ini tidak tersebar di antara sesama manusia.

Dari saat terkena kumannya sampai seorang penderita menjadi sakit diperlukan waktu 2-10 hari.

Penyakit Legionnaires paling sering menimpa manusia setengah umur ke atas, terutama yang merokok atau menderita penyakit paru-paru menahun. Demikian pula orang-orang yang sistem ketahanannya tertekan oleh obat atau penyakit seperti kanker, kegagalan ginjal, kencing manis atau AIDS.

Diagnosa dan pengobatan penyakit Legionnaires bagaimana?
Kalau cuma dari gejalanya penyakit Legionnaires sulit dibedakan dari jenis radang paru-paru lainnya. Pada potret sinar X sering terlihat radang paru-parunya tetapi untuk diagnosa diperlukan ujicoba khusus.




1 / 3

Ujicoba contoh darah yang diambil selang 3-6 minggu, dahak dan air seni dapat membantu meneguhkan diagnosa.

Penyakit Legionnaires bisa sembuh dengan pengobatan antibiotika. Penderita penyakit Legionnaires mungkin diobati di rumah sakit dengan antibiotika lewat infus. Mungkin ada yang perlu ditempatkan di bagian rawat intensif dan dibantu bernapas dengan ‘ventilator’.

Apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegahnya?
Kuman Legionella bisa ditemukan di dalam berbagai jenis sistem air. Namun, kuman berbiak banyak di dalam air tergenang dan hangat. Rancangan yang ditarafkan, pembasmian kuman, pemeliharaan menara pendinginan dan sistem kedap airnya bisa membatasi pembiakan dan tersebarnya kuman ini.

Legionella longbeachae umumnya ada di tanah. Mengurangi terkena debu tanah pot secara mengikuti peringatan pabrik yang tertera di kemasannya, dan memakai sarung tangan serta masker kalau meramu tanah pot dapat mencegah infeksi. Cucilah tangan sesudah menangani tanah maupun tanah pot terutama sebelum makan, minum atau merokok.

Naskah ini disadur dari Centre for Disease Control and Prevention of Legionellosis dan www.cdc.gov/ncidod/dbmd/diseaseinfo/legionellosis_g.htm adalah alamat simpulnya untuk dikunjungi.

Keterangan lebih lanjut – Satuan Dinas Kesehatan di NSW
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi dokter, satuan dinas kesehatan setempat atau Puskesmas. Tengoklah pada ‘NSW Government’ di bagian depan Halaman Putih.

No Response to "Penyakit Legionnaires"

Posting Komentar