Keselamatan (Sikap, Perilaku, dan Pengendalian)


Keselamatan adalah lebih dari pada sekedar mengikuti aturan-aturan rumah sakit  selama kita bekerja. Keselamatan yang sesungguhnya adalah suatu gabungan dari sikap aman, perilaku dan pengendalian secara aman baik didalam maupun di luar pekerjaan.

Sikap berarti kerangka berpikir anda – jalan dimana anda menghadapi suatu situasi yang ada. Perilaku berarti apa yang anda lakukan tentangnya – bagaimana anda bereaksi terhadap suatu situasi. Pengendalian mengacu pada penciptaan lingkungan anda – dimana anda melaksanakannya apa yang anda lakukan – agar aman. Sikap aman, perilaku, dan pengendalian secara aman meningkatkan anda menjadi lebih aman, dan lebih produktif.
Sikap
Berbicara tentang keselamatan, sikap adalah satu dari dasar-dasar tersangat penting. Sikap aman berarti tetap waspada dan terpusat pada pekerjaan yang dilakukan, berpegang teguh pada petunjuk keselamatan, jangan sekali-kali tidak bersungguh-sungguh dengan pekerjaan, dan menahan emosi seperti amarah dan putus asa dalam melakukan pekerjaan.
Perilaku
Bagaimana anda bereaksi terhadap  situasi merupakan bagian penting dari keadaan aman. Mengikuti tuntunan dan tata cara keselamatan menolak melakukan “jalan pintas”, menggunaan alat pelindung diri, mengajukan pertanyaan-pertanyaan bila anda membutuhkan informasi lebih jauh tentang tugas yang dihadapi – semua ini adalah perilaku aman. Perilaku aman juga berarti menolong teman-teman, teman sekerja, dan anggota keluarga memahami pentingnya tindakan pengamanan  di tempat kerja, rumah, atau bermain.
Pengendalian
Pengendalian berarti memikul tanggung jawab untuk menciptakan tempat kerja, rumah, atau fasilitas hiburan, menjadi suatu tempat yang aman. Anda dapat membantu menjadikan lingkungan anda terhindar dari gangguan-gangguan potensial dengan menjaganya agar bersih dan tertib.
Jagalah agar alat-alat  terawat  dengan baik, bersihkan limbah dan sampah (atau laporkan kepada orang yang tepat), dan jangan membuka tempat-tempat penyimpanan (container) bahan beracun dan berbahaya. Dalam bekerja, pastikan untuk melaporkan kepada pengawas anda alat, ventilasi yang rusak, atau setiap gangguan yang mungkin timbul.
Sikap, perilaku dan pengendalian adalah tiga aspek terpenting (dan barangkali yang paling sederhana) untuk mencapai  keselamatan pribadi baik didalam kerja maupun diluar kerja. Gunakan kesempatan untuk mengkaji ulang  apakah anda melakukan segala sesuatu yang anda dapat lakukan untuk melindungi diri sendiri, teman sekerja anda, dan mereka yang anda sayangi dari kecerobohan cidera yang tidak perlu ?  Salam K3. [Ro/UK3]

1 Response to Keselamatan (Sikap, Perilaku, dan Pengendalian)

9 Oktober 2014 pukul 08.10

dapet literatur dari mana?

Posting Komentar