STRESS KERJA



           Stres kerja (Anwar 1993:93) adalah suatu perasaan yang menekan atau rasa tertekan yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaannya. Stress kerja merupakan tekanan akibat bekerja yang akan mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi fisik seseorang, di mana tekanan itu berasal dari lingkungan pekerjaan tempat individu tersebut berada.
           Stres sebagai suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Jika seseorang / karyawan mengalami stres yang terlalu besar maka akan dapat menganggu kemampuan seseorang / karyawan tersebut untuk menghadapi lingkungannya dan pekerjaan yang akan dilakukannya.
           Menurut Phillip L (dikutip Jacinta, 2002), seseorang dapat dikategorikan mengalami stres kerja bila stres yang dialami melibatkan perusahaan tempat individu bekerja. Namun penyebabnya tidak hanya di dalam perusahaan, karena masalah rumah tangga yang terbawa ke pekerjaan dan masalah pekerjaan yang terbawa ke rumah dapat juga menjadi penyebab stress kerja yang berdampak negatif bagi perusahaan dan juga individu.
Bagaimana cara mengatasi stress kerja?
1.     Atur waktu kerja sebaik mungkin. Perencanaan waktu yang tepat dan baik dapat membantu anda menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.
2.     Putuskan mana yang harus dikerjakan lebih dahulu. Susun pekerjaan yang harus dilakukan, prioritaskan sesuai kepentingannya, tetapkan target waktu untuk menyelesaikannya.
3.     Selesaikan dulu satu pekerjaan, sebelum memulai pekerjaan yang lainnya.
4.     Usahakan semua pekerjaan bisa selesai sesuai waktu yang ditetapkan, tidak mengulur-ulur waktu.
5.     Kondisikan diri dengan lingkungan kerja, bina hubungan baik dengan atasan maupun rekan kerja. Biasakan berdiskusi, musyawarah, atau konsultasi bila diperlukan untuk mempermudah pekerjaan dan membuat suasana kerja yang nyaman.
6.     Usahakan tidak membawa pulang pekerjaan ke rumah. Rumah adalah waktunya anda menjalankan hubungan sosial dengan keluarga dan masyarakat.
7.     Sediakan waktu khusus untuk rileks, bersantai dari segala rutinitas. Misalnya pada waktu akhir pecan untuk bersantai dengan keluarga.

Semoga bermanfaat….Salam K3!

1 Response to STRESS KERJA

17 Mei 2016 pukul 03.41

makasih infonya..

Posting Komentar