7 Penyebab Kecelakaan Kerja


Kita ketahui di RSUP Dr. Sardjito memiliki banyak jenis potensi bahaya (hazard). Namun ternyata diantara jenis-jenis bahaya tersebut ada satu jenis yang nampaknya sederhana tapi justru berperan besar dalam mayoritas kecelakaan kerja, jenis bahaya tersebut adalah behavioral hazards / bahaya perilaku.
Perhatikan ±80% kecelakaan kerja disebabkan oleh kesalahan manusia. Kesalahan manusia ini erat kaitannya dengan perilaku yang tidak aman (unsafe behavior). Kebanyakan orang cenderung melihat sesuatu untuk disalahkan ketika terjadinya kecelakaan dan bukan mencari penyebab kecelakaan agar tidak terulang kembali.
Pertimbangkan penyebab kecelakaan yang dijelaskan di bawah ini. Pernahkah Anda merasa bersalah terhadap tidakan atau perilaku berikut ini? Jika ya, Anda mungkin tidak mengalami cidera saat ini, tetapi mungkin saja lain kali.
1.      Mengambil jalan pintas: tiap hari kita mengambil keputusan dan berharap akan membuat pekerjaan lebih cepat dan lebih efisien. Tetapi apakah waktu yang cepat tersebut cukup aman bagi keselamatan kita ? Jalan pintas menurunkan keselamatan kita dalam bekerja dan meningkatkan kemungkinan cidera. Percaya atau tidak, perilaku yang aman-lah yang paling efisien dan efektif.
2.      Percaya diri yang berlebih: Percaya diri itu bagus. Tetapi terlalu percaya diri kadang tidak terlalu bagus karena dapat menyebabkan prosedur kerja yang tidak benar dalam pekerjaan Anda. Hal ini dapat menyebabkan Anda cidera.
3.      Memulai tugas dengan instruksi yang tidak tuntas: untuk melakukan pekerjaan dengan aman dan benar pertama kali Anda perlu informasi yang tuntas. Pernahkan Anda melihat seorang pekerja disuruh melakukan pekerjaan, hanya diberikan sebagian instruksi kerja? Jangan malu bertanya untuk dijelaskan tentang prosedur kerja dan peringatan keselamatan. Hal ini tidaklah membuat Anda bodoh bertanya tentang hal ini.
4.      Kerapian yang buruk: ketika klien, manajer, atau petugas keselamatan melewati area kerja Anda, kerapian adalah indikator yang akurat menilai perilaku seseorang tentang kualitas, produktifitas dan keselamatan kerja.
5.      Tidak memperdulikan prosedur keselamatan: tidak memperdulikan prosedur keselamatan dapat membahayakan Anda dan rekan kerja Anda. Anda digaji untuk mengikuti kebijakan keselamatan rumah sakit bukan membuat aturan Anda sendiri.
6.      Ganguan mental dari pekerjaan: memiliki hari yang buruk di rumah dan cemas dengan permasalahan di rumah ketika di tempat kerja adalah kombinasi yang berbahaya. Mental yang jatuh dapat membuat fokus anda buyar untuk mengikuti prosedur kerja yang aman.
7.      Gagal merencanakan pekerjaan: Bekerja dengan tergesa-gesa saat memulai pekerjaan, atau tidak berfokus pada proses kerja dapat meningkatkan resiko kecelakan kerja.

“Lebih baik berhati-hati 100 kali dari pada sekali mati” (Mark Twain

No Response to "7 Penyebab Kecelakaan Kerja"

Posting Komentar